Akhirnya
kita belajar tentang Waqof (pemberhentian). Adapun yang akan kita bahas disini
adalah macam macam waqof dan tanda tandanya.
A. Macam
Macam Waqof
1. Tamm
(sempurna)
الوقف التام
Yaitu waqof
yang dilakukan pada suatu kata dalam suatu bacaan al-qur’an sedangkan kata
tersebut tidak ada hubungannya dengan kata yang selanjutnya.
Contohnya
dalam surat Al-Baqoroh ayat 7
2. Hasan
(baik)
الوقف الحسن
Yaitu waqof
yang dilakukan pada suatu kata dalam suatu bacaan al-qur’an tetapi kata
tersebut ada hubungannya dengan kata yang selanjutnya.
أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ . غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ …
3. Kafin
(cukup)
الوقف الكافي
Yaitu waqof
yang dilakukan pada suatu kata dalam bacaan al-qur’an sedangkan kata tersebut
tidak ada hubungannya dengan kata yang selanjutnya dari segi ucapan tetapi
mempunyai hubungan dari segi arti.
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ . وَبَنَاتُكُمْ …
4. Sholih
(sah)
الوقف الصالح
Yaitu waqof
yang sah dilakukan pada suatu kata dalam suatu bacaan al-qur’an yang
menerangkan kata setelahnya.
ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَ الْمَسْكَنَةُ . وَ بَاؤُوْ …
5. Qobih
(buruk)
الوقف القبيح
Yaitu waqof
yang dilakukan pada suatu kata dalam suatu bacaan al-qur’an sedangkan kata
tersebut tidak terikat setelah lengkapnya perkataan dan kadang kadang
berhubungan dengan kata yang selanjutnya.
مَالِكِ . يَوْمِ الدِّيْنِ …
6. Jaiz
(boleh)
الوقف الجائز
Yaitu waqof
yang dilakukan pada suatu kata dalam bacaan al-qur’an selain waqof waqof yang
ada diatas.
وَ
مَا تَوْفِيْقِيْ إِلاَّ بِا للَّهِ . عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ …
B. Tanda
Tanda Waqof
Tanda tanda
waqof itu banyak macamnya dan ada perbedaan antara al-qur’an yang satu dengan
yang lain.
Tetapi tanda
tanda waqof yang paling dikenal banyak orang adalah sebagai berikut :
م Tanda
ini artinya wajib berhenti.
ل Tanda
ini artinya tidak boleh berhenti
ج Tanda
ini artinya boleh berhenti dan boleh tidak.
صلى Tanda ini artinya lebih diutamakan untuk meneruskan walaupun berhenti
juga diperbolehkan.
قلى Tanda ini artinya lebih diutamakan untuk berhenti walaupun diteruskan
juga diperbolehkan.
هذا
العلم ماخوذ من كتاب علم التجويد
معهد دار السلام كونتور فونوروغو
Catatan ;
“Bacalah
al-Quran, maka
sesungguhnya
dia akan datang
pada hari
kiamat sebagai syafaat
kepada
pembacanya.”
[HR. Muslim]